Penggunaan Teknik Bertanya dalam Pembelajaran - JENDELA PENDIDIKAN QURROTA A'YUN
Headlines News :

MASUKKAN KODE MENU DI SINI

111

Motivasi Hidup

Loading...

Pembelajaran smk

Loading...

Video Motivasi Belajar

Loading...
Jendela Pendidikan Qurrota A'yun. Diberdayakan oleh Blogger.

Mutiara Hikmah

Loading...

Translate

Followers

Blog Archive

Widget Footer 1

Home » » Penggunaan Teknik Bertanya dalam Pembelajaran

Penggunaan Teknik Bertanya dalam Pembelajaran

Written By asep ropi on Rabu, 20 Maret 2013 | 08.48

 Penggunaan Teknik Bertanya dalam Pembelajaran

Pertanyaan dan jawaban, dari guru kepada siswa dan sebalik, menunjukkan adanya interaksi akademik yang berlangsung dalam proses pembelajaran di sekolah. Proses sangat mendukung untuk membuat siswa terlibat dalam pembelajaran dan meningkatkan kemampuan guru untuk memantau proses pembelajaran. Meski penelitian tentang efektivitas mendukung pentingnya bertanya, namun penentuan jenis dan variasi pertanyaan merupakan aspek paling memberikan keuntungan dan manfaat dalam pembelajaran. Yang pasti bahwa pertanyaan yang baik merupakan aspek penting dalam menciptakan pengajaran efektif.
Beberapa penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi siswa berkaitan dengan penggunaan teknik bertanya level rendah atau pertanyaan konkret yang digunakan guru dalam pembelajaran, sementara penelitian lain lebih mendukung penggunaan pertanyaan level tinggi dalam mendorong prestasi siswa. Varians ini berkaitan dengan hasil yang diraihnya menunjukkan betapa pentingnya berbagai jenis pertanyaan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mendukung pembelajaran siswa.
Berikut adalah beberapa poin kunci yang menjadi garis besar dalam beberapa penelitian tentang efektifitas penggunaan teknik tanya-jawab dalam pembelajaran:
    Pertanyaan yang paling bernilai adalah ketika siswa mampu menimbulkan tanggapan –benar ataupun salah– karena tanggapan mampu mendorong keterlibatan siswa, menunjukkan pemahaman atau kesalahpahaman, dan keberlanjutan dalam berdiskusi.
  • Tingkat kesulitan dan pertanyaan kognitif harus mencerminkan konteks tentang hubungan yang optimal, tingkatan pertanyaan harus mencerminkan jenis konten, tujuan pembelajaran, dan keterlibatan siswa, dengan varian dan jenis pertanyaan yang lebih banyak dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan ketertarikan siswa dan mempertahankan momentum.
  • Pertanyaan membutuhkan pertimbangan yang hati-hati dan harus dipersiapkan sebelumnya. untuk memastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut mendukung tujuan dan menekankan poin-poin penting, bersama dengan harus menunjukan tingkatan sesuai kesulitan dan kompleksitas.
  • Pertanyaan dalam pembelajaran harus diungkapkan secara tertib (berurut) bukan sebagai unit yang terisolasi/terpisah, dalam proses perencanaan, pelaksanaan, maupun dalam proses penilaian pembelajaran.
  • Penelitian menunjukkan bahwa teknik bertanya merupakan aspek penting bagi guru yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan penilaian pembelajaran.
  • Menunggu waktu merupakan aspek penting dalam teknik bertanya, waktu tunggu yang lebih lama sangat berkaitan dengan prestasi siswa yang lebih tinggi menurut beberapa penelitian. Meski demikian, jumlah waktu tunggu juga harus memperhatikan keterlibatan siswa dan momentum pelajaran.
Share this article :

0 komentar:

Saat ini Anda Pengunjung Yang Ke

 
Support : Creating Website | Belajar Komputer | Tata Busana QA
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. JENDELA PENDIDIKAN QURROTA A'YUN - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Asep Moh.Ropi